Eksotika Wisata Bahari BERAU

Indonesia ! nama yang begitu familiar ditelinga kita, hampir setiap senin selalu terdengar begitu lantang kata tersebut, bahkan dalam forum formal, informal maupun non formal juga biasa terdengar, betapa tidak, indonesia merupakan salah satu surga wisata budaya maupun wisata alam termasuk wisata bahari, jadi tidak berlebihan rasanya jika saya analogikan Indonesia surganya para wisatawan (dan surga para koruptor pastinya). kawasan wisata Indonesia yang biasa kita tau tidak lain adalah Yogyakarta, Bali, Wakatobi, Raja Ampat dll. Tapi pernahkah anda mendengar daerah BERAU ?. Surga dunia terselubung ini memang tidak banyak diketahui masyarakat Indonesia secara luas, namun tidak begitu dengan wisatawan mancanegara, sudah banyak dari mereka yang tau daerah ni, bahkan sudah banyak buku yang beredar luas baik karangan luar negeri maupun dalam negeri yang menyinggung masalah surga wisata bahari ini.
oke sebelum ke surga tersebut ada baiknya terlebih dahulu kita tau apa dan dimana sih berau itu ?, ini dia Ladies and Gentlemans, please welcome KABUPATEN BERAU !!







Kabupaten Berau merupakan kabupaten yang berada di Provinsi Kalimantan Timur. 
  1. Berada di daerah tropis dengan posisi geografis 10 LU – 20 33 LS dan 1160 BT – 1190 BT.
Ketinggian di atas permukaan laut 5 – 55 m. Dalam perkembangannya sektor prioritas pembangunan Kabupaten ini adala Agro wisata dan Agro Industri, cukup beralasan, sebab daerah ini memang bukan wilayah yang tandus yang sudah pasti tidak subur seperti daerah jawa pada umumnya. Kabupaten berau terdiri dari 13 Kecamatan.  Terdapat begitu banyak spot wisata yang sangat indah ditempat ini, diantaranya yang menjadi sektor pariwasata andalan dari kabupaten berau adalah kepulauan derawan dan Maratua. berikut reviewnya, check it out ! :*

Kepulauan Derawan adalah sebuah kepulauan yang berada di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Di kepulauan ini terdapat sejumlah obyek wisata bahari menawan, salah satunya Taman Bawah Laut yang diminati wisatawan mancanegara terutama para penyelam kelas dunia.
Kepulauan Derawan memiliki tiga kecamatan yaitu, Pulau Derawan, Maratua, dan Biduk Biduk, Berau.
Sedikitnya ada empat pulau yang terkenal di kepulauan tersebut, yakni Pulau Maratua, Derawan, Sangalaki, dan Kakaban yang ditinggali satwa langka penyu hijau dan penyu sisik.
Secara geografis, terletak di semenanjung utara perairan laut Kabupaten Berau yang terdiri dari beberapa pulau yaitu Pulau Panjang, Pulau Raburabu, Pulau Samama, Pulau Sangalaki, Pulau Kakaban, Pulau Nabuko, Pulau Maratua dan Pulau Derawan serta beberapa gosong karang seperti gosong Muaras, gosong Pinaka, gosong Buliulin, gosong Masimbung, dan gosong Tababinga.
Di Kepulauan Derawan terdapat beberapa ekosistem pesisir dan pulau kecil yang sangat penting yaitu terumbu karang, padang lamun dan hutan bakau (hutan mangrove). Selain itu banyak spesies yang dilindungi berada di Kepulauan Derawan seperti penyu hijau, penyu sisik, paus, lumba-lumba, kima, ketam kelapa, duyung, ikan barakuda dan beberapa spesies lainnya.
berikut view-view menarik dari pulau-pulau yang merupakan surga wisata dunia tersebut :

Pulau Derawan
Pulau derawan adalah surga tropis yang sempurna. Suasana di sini hangat dengan pemandangan pasir pantai putih halus, pohon palem yang melambai-lambai, laut murni yang berubah warna dari hijau ke biru gelap. Kehidupan bawah laut di sini luar biasa, Anda akan temukan kura-kura raksasa, lumba-lumba, ikan pari, duyung dan barakuda, ubur-ubur stingless. Ikan Hiu Derawan di sini merupakan salah satu keragaman hayati di dunia. Tak heran, pulau Derawan dikenal sebagai tujuanwisata menyelam terbaik di duniaberikut view-viewnya yang juga saya dapat dari browsing di Internet :











Pulau Maratua
Pulau Maratua adalah pulau terluar Indonesia yang terletak di Laut Sulawesi dan berbatasan dengan negara Malaysia. Pulau Maratua ini merupakan bagian dari wilayah pemerintah Kabupaten Berau, provinsi Kalimantan Timur. Pulau berbentuk kecil panjang dan lengkung tajam ini berada di sebelah selatan dari Kota Tarakan dengan koordinat 2° 15′12″ LU, 118° 38′41″ BT (di bagian batas luarnya). berikut view-viewnya yang juga saya dapat dari browsing di Internet :
















Pulau Sangalaki
Pulau Sangalaki mempunyai luas 15,9 hektare, terletak di Kepulauan Derawan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.
Memiliki satuan morfologi dataran pantai yang datar. Pulau ini memiliki lagon dangkal berdasar pasir dan ditumbuhi oleh karang dan lamun.
Pantai pasir memiliki lebar 12-15 meter dengan kelerengan antara 6°-11° dengan material penyusun pantai berupa fragmen karang dan dominan berukuran butir pasir kasar. Di perairan sekitarnya terdapat taman laut dan terkenal sebagai wisata selam (diving). Terdapat beraneka ragam biota laut di sini, yang terkenal adalah ikan pari manta.
Ikan pari manta biasa berkelompok di perairan pulau ini dan dapat berkumpul hingga 20 ekor pari pada saat terang bulan. Mereka menuju ke pulau ini untuk mencari makan berupa bermacam-macam jenis plankton yang banyak terdapat di perairan ini.
Para penyelam dari seluruh dunia menamai beberapa titik penyelaman favorit pada kawasan ini yaitu (lihat gambar):

1. Channel Entrance,
2. Coral Gardens,
3. Turtle Town,
4. Sandy Ridge,
5. Manta Run,
6. Sherwood Forest,
7. Manta Parade,
8. Manta Avenue,
9. Eel Ridge,
10. Lighthouse dan
11. The Rockies
berikut view-viewnya yang juga saya dapat dari browsing di Internet :







Pulau Kakaban
Pulau Kakaban mempunyai luas 774,2 hektar dan terletak di Kepulauan Derawan, Kecamatan Derawan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.
Pulau Kakaban menarik perhatian turis-turis mancanegara dengan beberapa keunikannya, salah satunya adanya danau di pulau tersebut yaitu Danau Kakaban. Yang mana pada danau tersebut diisi oleh campuran dari air hujan dan rembesan air laut dari pori-pori tanah dan membuat suatu habitat endemik yang berbeda pada kebanyakan kawasan danau lain di dunia, selain Danau Kakaban ada satu lagi danau dengan air payau yaitu di Kepulauan Palau, Mikronesia. berikut view-viewnya yang juga saya dapat dari browsing di Internet :

 peta


 ubur-ubur yang tidak menyengat


 terumbu karang


danau dalam pulau


 danau dalam pulau


itu dia bray sedikit ulasan mengenai surga terselubung, semoga bisa menambah wawasan pembaca sekalian yaah. mau tau rutenya ke spot ini gimana, jangan khawatir, kita kasih juga :D, ini dia rutenya dari jakarta :

 semoga membantu ya bray, see you at the other post, posting komen ya.. hehehe
 salam sayang.. muah muah muah :* :* :* :D

sumber : wikipedia, google.. (lupa gak nyimpen link-link referensinya, mf ya atas kekhilafannya)

3 komentar:

  1. Indahnya alam Indonesia tak seindah keadaan negara Indonesia saat ini yang dipenuhi hama tikus-tikus perusak Indonesia

    BalasHapus
    Balasan
    1. wuuaahaaha, baaatoooll sekaalee bray.. setuja dah :)

      Hapus
  2. Indah bangat min pulau Sangalaki di Berau :)

    Bagi agan-agan yang ingin melihat Pulau Sangalaki dengan foto virtual. Bisa lihat di sini:

    http://indonesiavirtual.com/index.php?option=com_jumi&fileid=11&Itemid=109&id_img=736

    Salam Kenal.

    BalasHapus

Anak nongkrong gahol no SARA bray, silahkan post komentar